Cerdas Mengelola Steemit Bersama Risman Rachman

Kelas FAMe ke-25
Tempat: Duek Pakat Kupi, Banda Aceh
Topik: Cerdas Mengelola Steemit
Pemateri: Risman A Rachman (CEO Aceh Trend)
Moderator: Yarmen Dinamika (Redaktur Pelaksana Harian Serambi Indonesia)
Notulis: Ihan Nurdin


Acara kelas FAMe mulai dibuka oleh Yarmen Dinamika selaku Ketua FAMe Aceh, dalam diskusi yang melibatkan membuka diskusi dengan memaparkan sedikit hasil paparan Adnan Ganto dalam kuliah umumnya di Universitas Syiah Kuala. Dalam orasinya beliau menyampaikan ramalan Credit Suisse yang menyatakan bahwa di akhir 2018 ini ada lima negara yang memiliki populasi orang kaya terbanyak di dunia, salah satunya Indonesia.

Bukan tanpa alasan mengatakan seperti itu, salah survei yang dilakukan oleh Credit Suisse, dikarenakan banyaknya rekening orang Indonesia yang jumlahnya meningkat drastis. Salah satunya dugaannya membaiknya ekonomi orang Indonesia, salah satunya dengan adanya platform Steemit yang mampu menghasilkan orang kaya baru di tanah air.

Kemudian Yarmen Dinamika mempersilakan Risman Rachman mengupas Steemit secara lebih dalam. Ada perbedaan mendasar antara Steemit dengan media sosial seperti Facebook, Blog, dan sejumlah media sosial lainnya. Letak perbedaannya ada di dalam sifat dan kontrol resminya. Media ini dibangun di atas teknologi Blockchain yang menjadi salah satu teknologi canggih di dunia, blockchain berjalan dengan sistem terdesentralisasi. 
Hal inilah yang membedakan Steemit dengan Facebook yang polanya tersentralisasi yang semua peranannya dikuasai oleh owner atau pengelolanya. Andai mereka menganggap Anda dianggap melakukan pelanggaran, dalam sekejap akun Anda akan dihapus. Sedangkan di Steemit hanya kita sendiri yang bisa menutup akunnya. Tidak ada yang membatasi Steemian untuk bisa terus menghasilkan karya selama berada di bawah peraturan yang ditetapkan oleh Steemit.

Blockchain saat ini juga mulai dipakai di perbankan, karena menawarkan beberapa kelebihan. Mulai dari bersifat terdesentralisasi dan lebih cepat karena tidak ada pihak ketiga sebagai perantara yang menghalangi diri Anda sehingga transaksi terkoneksi secara langsung. Semua pengguna bisa menyaksikan transaksi mata uang digital ini melalui wallet digital di akun Steemit Anda. 

Salah satu kelebihan blockchain adalah transparansi yang dijunjungi tinggi. Segala aktivitas yang ada di dalamnya akan terlacak, untuk itu seorang kriminal yang bermain di sistem blockchan sama dengan mengantarkan dirinya sendiri di dalam penjara.

Ini berbeda dengan media sosial pada umumnya yang sifatnya tersentralisasi tadi, semua like, love, atau komentar yang masuk akan menjadi sumber penghasilan bagi si pemilik platform. Anda tidak mendapatkan apa-apa kecuali reward semu yang menguntungkan owner semata. Dalam setiap postingan atau aktivitas Anda makin memperkaya owner sedangkan kita hanya menghabiskan waktu saja.

Steemit adalah media dengan konten berbasis Blockchain, steemit cocok buat para konten kreator dan kurator dalam menampung tulisan, foto, video, desain, dan lainnya. Konten yang masuk di Steemit akan divalidasi dalam bentuk vote. Nilai validasi ini dipengaruhi oleh besar kecilnya Steem Power. Hal ini sarat dengan nilai-nilai "Syariah" yakni konsep saling memberi dan menerima diterapkan secara terbuka. 

Steemit pertama kali dikenalkan ke publik pada Maret 2016 oleh Ned Scott dan Daniel Larimer pada Maret 2016. Baru pada April 2016 Steemit bisa diakses oleh pengguna termasuk pada 1 Juli 2016 masuk ke dalam lantai perdagangan pasar kripto dunia. 
Setiap postingan yang ada di Steemit akan dibagi pada dua bagian 75% kepada author dan 25 dibagi pada kurator dan witness (koefisiensi 15% dan 10%). Jelas author mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kurator karena kerja kerasnya dalam menghasilkan konten.

Tahap awal dalam proses pendaftaran hampir sama dengan mendaftar di sosial media. Kita akan berhadapan dengan halaman "Sign Up", masukkan nama akun yang menurut Anda menarik. Selanjutnya, kita perlu memasukkan e-mail yang akan digunakan untuk memverifikasi akun. E-mail yang didaftar wajib aktif karena konfirmasi selanjutnya akan dikirim via e-mail tersebut.

Selanjutnya, masukkan nomor Handphone, tapi sebelumnya kita perlu mengganti kode negara menjadi Indonesia kode telepon (+62). Jika sudah, maka kita akan menerima SMS berupa kode verifikasi. Masukkan nomor tersebut dan klik "Continue".Jika sudah memasukkan kode yang dikirimkan melalui SMS tadi, maka selanjutnya kita akan dikirimkan email yang berisi tautan verifikasi.

Tahapan membuat akun Steemit

Proses verifikasi memang cukup lama, karena Steemit masih merupakan platform baru dan Anda harus menunggu kiriman email konfirmasi. Di dalam email tersebut akan terdapat password yang cukup panjang. 

Password tersebut harus dijaga sebaik-baiknya karena saat lupa Anda tidak dapat masuk ke dalam akun Steemit lagi. Untuk itu harus dilakukan back up ke sejumlah aplikasi baik online dan offline. Mungkin saja saat meninggal password Steemit jadi wasiat yang dapat Anda berikan kepada orang tercinta terang beliau.

Kemudian Risman menunjukkan wallet-nya di Steemit kemudian menjelaskan secara detail item-item yang ada dalam tampilan Steemit pada slide presentasi. Misalnya Blog, Comments, Replies dan Reward, agar para peserta mengetahui lebih jauh tentang tentang Steemit. Banyak dari peserta yang baru mengenal Steemit termasuk ada sebagian kecil yang belum memiliki akun.

Tampilan akun Steemit Risman Rachman

Risman juga menampilkan salah satu tulisannya dan menjelaskan detail item yang ada di postingan tersebut. Misalnya: angka reputasi, reward, replies, comment dll. Segala fitur tersebut akan sangat akrab digunakan oleh Steemian nantinya.

Gambaran Steem Steem Power dan Steem Dollars pada wallet
Steem Power semacam "kekuasaan" yang bisa kita atur untuk memberikan validasi/vote kepada konten orang lain. Steem Power yang diberikan dalam sehari bisa dibatasi jumlah dengan bandwith. Makin besar reputasi maka akan semakin besar bandwith yang dimiliki. Steemit berbeda dengan media sosial umumnya, tujuannya agar membatasi pengguna untuk tidak spam di Steemit.

Di dalam menjadi mengelola akun Steemit, ada tiga kecerdasan yang harus dimiliki yaitu:

1. Cerdas dalam Mengelola Konten
Untuk bisa menghasilkan konten yang berbobot maka dibutuhkan berbagai cara yang bisa dicoba seperti buatlah konten-konten kreatif sehingga menghasilkan validasi/vote. Makanya di Steemit ini disebut kreator konten. Postingan yang menarik dan punya keunikan akan mendapatkan vote yang lebih besar.

Hasilkan konten yang sesuai dengan minat dan mampu dikuasai oleh pemilik akun. Risman kemudian menceritakan salah satu Steemian wanita yang cukup terkenal di jagat Steemit yaitu @silvia Beliau sangat konsisten dalam menuliskan tulisan sesuai minatnya, niche yang dipilih adalah mengenai masakan khususnya khas Aceh. Apalagi di waktu jam makan, tulisan tentang dunia masak @silvia bikin para Steemian kelaparan. 

Tampilan akun Steemit @silvia khas dengan makanan

Hasil orisinil karena di dalam sistem Steemit punya sebuah mesin algoritma pelacak yang mampu mengetahui tulisan tersebut mengandung unsur plagiasi. Namanya adalah Cheetah, ia akan mendatangi setiap tulisan yang mengandung plagiat di dalam sebuah akun. 

Salah satu akun yang didatangi cheetah

Bila sudah berulang kali diperingatkan, akan datang salah satu lagi mesin algoritma pelacak lainnya yang bernama SteemCleaner, yaitu pasukan yang menghabiskan tulisan kita tanpa tersisa sedikit pun sehingga tulisan masuk dalam kategori blacklist.

Sejumlah akun yang terkena Steemcleaner

Selain itu jangan posting konten yang mengandung hal pornografi, SARA, hoax. Jika ini diposting maka akan di-flag. Steemit adalah platform yang cinta akan kedamaian dan kreativitas, bila membawa isu di atas akan merasakan di-flag oleh Steemian lainnya. 

Setiap pengguna baru akan mendapatkan poin reputasi sebesar 25, seiring dengan berjalannya waktu reputasi itu akan naik tergantung menarik atau tidaknya konten yang dihasilkan. Sedangkan Steemian yang melanggar atau terkena flag, nilai reputasinya akan turun jauh di bawah 25.Penyebabnya beragam dan salah satunya karena terlalu spam di Steemit.

Akun Steemit yang terkena Flag akibat spam (reputasinya turun) 
2. Cerdas Mengelola Komunitas
Kecerdasan konten menjadi tidak berarti kalau tidak cerdas mengelola komunitas. Mengapa? Karena, di dalam Steemit ini dikenal dengan adanya Steem Power. Walaupun kita cerdas, kalau tidak pandai bergaul maka tidak ada yang vote nantinya. Vote yang kita dapatkan dari orang lain bukan hanya faktor konten yang menarik dan unik. 
Kedekatan dengan steemian lainnya jadi kunci keberlangsungan hidup di Steemit. Untuk itu bang risman menggandeng sejumlah Steemian yang ada di Aceh da bahkan di Indonesia dengan mendirikan KSI (Komunitas Steemit Indonesia). Dalam komunitas tersebut Steemian bersama-sama saling membantu permasalahan di dunia Steemit. Banyaknya pengguna pemula jadi kesempatan besar KSI melebarkan sayapnya di kreatif konten di Steemit.

3. Cerdas Mengelola Uang
Ini penting sebab Steemit memberikan reward dalam bentuk finansial kepada user. Di balik tiga kecerdasan di atas ada Revolusi Cryptocurrency. Dalam teknologi Blockchain menyimpan jejak kita, maka buatlah konten sebaik mungkin. Meski bisa diperbaiki jejak "buruknya" tetap terekam di dalam sistem. Untuk itulah postinglah yang terbaik dan bermanfaat karena segala aktivitas kita semenjak awal bermain Steemit akan terlacak.

Saat memiliki banyak SBD dan STEEM dari konten yang dihasilkan, sebaiknya tidak langsung membelanjakan. Cobalah untuk berinvestasi serta menaikkan Steem power agar kekuatan vote akun Anda jadi lebih kuat.

Risman juga bercerita tentang kekuatan votenya cukup berpengaruh pada postingan orang lain. Boleh saja menukarkan hasil SBD dan STEEM andai dalam kondisi sangat memerlukan uang. Beliau juga mengingatkan peserta agar pengguna tidak money oriented, tetapi fokuslah dulu dalam membuat konten. Fokuslah pada skill yang kita kuasai dan menjalankan dengan sepenuh hati akan berbuah hasil optimal nantinya.

Mengenal mata uang kripto STEEM
Mata uang kripto STEEM adalah 1 dari ratusan mata uang digital. Saat ini tercatat ada lebih 1403 mata uang kripto yang berada di market kripto. Dari sekian banyak mata uang kripto saat ini yang paling tua dan populer adalah Bitcoin. 

Tetapi STEEM memiliki masa depan yang lebih cerah dibandingkan Bitcoin. Nilanya makin naik setiap harinya termasuk di awal tahun ini. Masyarakat mulai percaya akan mata uang STEEM dan tidak tertutup kemungkinan di masa depan mata uang tersebut akan mengalahkan BTC sekalipun.


Itulah sejumlah pemaparan yang disampaikan oleh Risman Rahman dalam pengenalan Steemit secara lengkap di kelas menulis FAMe. Ke depan dengan bertambahnya anggota Steemit yang ada di FAMe akan ada undangan berikutnya mengenai Steemit lebih lanjut. Selain itu Risman Rahman mengundang anggota kelas FAMe untuk bisa berhadir pada acara gathering komunitas Steemit yang akan berlangsung pada hari Sabtu tanggal 14 Januari 2018.

Sebagai penutup dari kelas tersebut, Yarmen Dinamika menyampaikan sebuah closing statement yaitu: 

"Beda orang yang berzikir saja dengan orang yang berpikir saja. Kalau orang yang berpikir saja tanpa berzikir maka ia akan menjadi orang yang suka berbohong. Tapi orang yang suka berzikir saja tanpa berpikir maka dirinya akan sering ditipu oleh orang lain. Untuk itu harus imbangi kedua-duanya agar selamat di dunia dan di akhirat"

Semoga tulisan ini mencerahkan kita selaku pegiat literasi untuk terus menghasilkan karyanya.

Komentar


  1. KABAR BAIK!!!

    Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tanpa biaya transfer,
    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Tanpa biaya pendaftaran,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus

Posting Komentar