Langsung ke konten utama

Mengenal Straight News, Indepth Reporting, dan Investigative Reporting

Notula                   :Pertemuan ke- 16
Hari dan Tanggal : Rabu, 15 November 2017
Tempat                  : Anjungan Aceh Tengah, Tarasa, Lampriet, Banda Aceh

Pemateri                : Yarmen Dinamika
Topik                      : Straight News, Indepth Reporting, dan Investigative Reporting
Notulis                    : Riri Isthafa Najmi


Setiap hari baik di televisi, di koran atau majalah, di radio, bahkan di media dari sekalipun. Kita pasti dengan mudah akan menemukan yang namanya berita. Hampir semua orang membutuhkan berita, sebab dengan berita, kita bisa mengikuti dan mengetahui informasi terkini mengenai peristiwa, situasi, dan perkembangan suatu daerah.
Berita adalah sebuah laporan mengenai suatu peristiwa, baik berupa fakta atau opini yang bersifat aktual, penting, dan menarik. Berikut ada 15 jenis berita yang berkembang saat ini:

1. Spot News adalah suatu berita tanpa campur tangan manusia/tidak bisa direkayasa. Ditulis apa adanya berdasarkan fakta yang dilihat dan didengar di tempat kejadian. 

Spot News juga disebut berita lempang tanpa tendensi apa pun. Menulis laporan kejadian atau peristiwa apa adanya berdasarkan observasi (liputan langsung di TKP), wawancara, dan riset data. Selain itu jenis berita foto juga biasa disebut Spot News.

Berita jenis ini, penulis harus berhadapan langsung dengan kejadian, lalu melaporkan kejadian itu. Jika tak dapat dihadapi secara langsung, penulis terpaksa meminjam persepsi orang lain terhadap kejadian tersebut. Melalui persepsi orang itu, penulis mendapatkan informasi secara rinci. Lalu menyusun kembali (merekonstruksi) kejadian tersebut.

2. Straight News atau berita langsung adalah suatu berita ditulis secara lurus. Contohnya berita terjadinya fenomena alam. Berita jenis ini digunakan untuk menyampaikan kejadian-kejadian penting yang perlu segera diketahui oleh pembaca. Disebut berita langsung (straight news) karena unsur-unsur terpenting dari peristiwa itu harus langsung (sesegera mungkin) disampaikan kepada pembaca.

3. Preview News adalah berita yang belum terjadi, telah diberitakan terlebih dahulu. Berita model ini ditulis untuk memberitahukan bahwa akan ada sebuah kegiatan/acara akan terjadi. Preview News atau berita pratinjau ini berfungsi untuk mengabarkan berita atau peristiwa penting yang akan terjadi.

4. Talking News adalah berita yang berdasarkan omongan dan bukan kejadian. Disebut berita omongan, karena berita ini berisikan pembicaraan seseorang atau lebih tentang sebuah topik, atau pokok persoalan.

Umumnya berita jenis ini, penulis meminta tanggapan atau penjelasan terhadap sebuah peristiwa dan fakta-fakta tertentu. Fakta atau peristiwa itu memerlukan penjelasan untuk memberikan pemahaman pembaca tentang sebuah peristiwa yang tengah terjadi. 

5. Probisnis News adalah berita yang digarap untuk mendatangkan iklan. Jenis berita ini sengaja ditulis dengan tujuan mempromosikan barang/jasa tertentu.

6. Indepth Reporting merupakan berita yang dikembangkan lebih mendalam dalam menyajikan berita berdasarkan sebuah peristiwa. Mendalami informasi sampai habis. Berita jenis ini biasanya bertujuan mengupas tuntas suatu masalah. Kadang-kadang, berita ini disebut juga liputan khusus.

7. Investigative Reporting adalah berita yang berdasarkan penelitian atau penyelidikan. Penulis harus memiliki dugaan atau kecurigaan untuk mencari kebenaran. Jenis berita investigasi ini merupakan berita yang ditulis berdasarkan hasil penyelidikan yang secara khusus dilakukan pada suatu peristiwa.

Biasanya penulis melakukan hal ini dengan tujuan tertentu, misalnya: untuk membongkar tindakan penyelewengan yang merugikan kepentingan publik, membongkar suatu jaringan human tracking, illegal logging, pembakaran hutan, dll.

Hal ini berupaya untuk mengungkapkan data/fakta yang tersembunyi dibalik suatu kejadian, sehingga seringkali dalam melakukan penelusuran informasi dan penyelidikan untuk berita ini, penulis harus bertindak seperti intelijen atau menyamar diri untuk mengecoh tersangka.

Contoh berita investigative reporting, misalnya: berita mengenai pembakaran hutan, ternyata didalangi oleh sebuah perusahaan kayu.

8. Features adalah berita kejadian atau fakta yang disiarkan dengan cara sastrawi. Penyajiannya dengan menggunakan Humas Intererest Story (HIS) yaitu sebuah cerita yang dibungkus berdasarkan data/fakta tapi dibumbui dengan hal lain agar terkesan menarik.

Dalam Features story, penulis akan mencari fakta yang akan menarik bagi pembaca. Penulis memberikan pengalaman bacaan dan menghanyutkan para pembaca dengan menyajikan dan gaya bahasa yang tulis sehingga membuat pembaca lebih tertarik untuk membaca kisahnya.

9. Trend News adalah berita berdasarkan apa hal yang sedang dibicarakan, disukai bahkan digunakan. Berita ini dibuat berdasarkan dari kebutuhan tertentu.

10. Interpretative News adalah berita yang disusun berdasarkan penafsiran atau pendapat narasumber tentang suatu peristiwa, kejadian, dan masalah. Ada satu peristiwa, lalu wartawan mengembangkannya dengan mewawancarai pengamat atau narasumber yang punya keahlian dan kompetensi di bidang tersebut.

11. Running News adalah berita yang berlangsung satu atau dua hari lebih tetap diberitakan. Setelah melewati waktu tersebut, berita akan out dari pemberitaan. Salah satu media yang paling sering menyiarkan Running News ialah media online, karena sifatnya yang sangat cepat memberitakan berita.

12. Breaking News adalah berita yang dikeluarkan secara serta-merta sebagai laporan khusus atau buletin berita. Penggunaannya juga diterapkan pada cerita yang paling signifikan pada momen tersebut atau cerita yang sedang diliput secara langsung dan serta-merta.

13. Stoppress News adalah jenis berita yang ada di koran. Pemberitaannya menunggu berita penting yang sedang terjadi. Berita ini memang saat ini sudah kalah cepat dengan media online, namun begitu, Stoppress News lebih jelas keabsahannya dalam menyajikan berita secara runtun.

14. Current News adalah berita yang diambil berdasarkan polling pendapat di sebuah surat kabar/media. Media akan mengajak pembacanya mengikuti polling yang mereka buat dan hasil dari polling jadi salah satu pokok berita.

15. News Analysis merupakan sebuah berita yang merangkum, mengurai, memilah, dan menganalisa agar sebuah informasi lebih mudah dipahami. News analysis merupakan jenis berita yang memecahkan atau menguraikan suatu informasi menjadi komponen-komponen yang lebih detail sehingga lebih mudah dipahami.

Itulah sejumlah berbagai jenis berita dan model pemberitaan, semoga materi ini mampu memberikan pemahaman kita tentang berita seutuhnya.
Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Steemit Lebih Jauh Bersama Ayi Jufridar

Hari Minggu 8 Oktober 2017 Narasumber: Ayi Jufridar (Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh) dan Steemian Aceh Materi: Mempelajari Steemit, Menjaga Konsistensi Menulis Tempat: Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe Notulis: Suhaimi Kelas Forum Aceh Menulis (FAMe) Chapter Lhokseumawe memasuki pertemuan ketiga. Pada pertemuan kali ini, dipelajari tentang sebuah platform media sosial yang sedang beken di era milenial: Steemit.
Para pertemuan tersebut Ayi Jufridar selaku dosen di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara. Beliau juga seorang novelis, Komisioner KIP Aceh Utara, mantan wartawan Serambi Indonesia dan tentu saja seorang Steemian.

Cerdas Mengelola Steemit Bersama Risman Rachman

Kelas FAMe ke-25 Tempat: Duek Pakat Kupi, Banda Aceh Topik: Cerdas Mengelola Steemit Pemateri: Risman A Rachman (CEO Aceh Trend) Moderator: Yarmen Dinamika (Redaktur Pelaksana Harian Serambi Indonesia) Notulis: Ihan Nurdin

Acara kelas FAMe mulai dibuka oleh Yarmen Dinamika selaku Ketua FAMe Aceh, dalam diskusi yang melibatkan membuka diskusi dengan memaparkan sedikit hasil paparan Adnan Ganto dalam kuliah umumnya di Universitas Syiah Kuala. Dalam orasinya beliau menyampaikan ramalan Credit Suisse yang menyatakan bahwa di akhir 2018 ini ada lima negara yang memiliki populasi orang kaya terbanyak di dunia, salah satunya Indonesia.
Bukan tanpa alasan mengatakan seperti itu, salah survei yang dilakukan oleh Credit Suisse, dikarenakan banyaknya rekening orang Indonesia yang jumlahnya meningkat drastis. Salah satunya dugaannya membaiknya ekonomi orang Indonesia, salah satunya dengan adanya platform Steemit yang mampu menghasilkan orang kaya baru di tanah air.

Peluncuran Forum Aceh Menulis

Notula            : Pertemuan Ke-4 Notulis           : Hayatullah Pasee Hari                : Rabu, 09 Agustus 2017 Topik              : Deklarasi peluncuran Forum Menulis Aceh Pemateri        : Drs. Reza Fahlevi, M.Si

Di luar dugaan, peluncuran Forum Aceh Menulis (FAMe) di Aula Museum Aceh begitu meriah. Meski Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Drs. Reza Fahlevi M.Si telat hadir, karena harus mengikut rapat di Kantor Gubernur Aceh, namun ia mengutus penggantinya yaitu Ketua Bidang Pemasaran, Ramadhani M Bust yang tak kalah menariknya dalam memaparkan visi dan misi Disbudpar Aceh.