14 Kesalahan Mendasar Tulisan di Blog

Notula               : Pertemuan Ke-1
Notulis              : Yelli Sustarina
Hari/Tanggal    : Rabu, 26 Juli 2017
Topik                 : 14 Kesalahan Mendasar Tulisan di Blog
Pemateri           : Yarmen Dinamika


Pada pertemuan pertama ini, kita kembali mengumpulkan semangat menulis teman-teman yang pernah belajar dalam Forum Barsela Menulis. Sebelumnya kelas ini difokuskan untuk para pemuda dan pemudi berasal dari barat selatan yang ingin belajar menulis.

Tapi kali ini kesempatan itu dibuka selebar-lebarnya untuk masyarakat Aceh yang mau belajar tulis menulis dengannya. Sehingga pada pertemuan pertama ini, banyak dihadiri oleh berbagai masyarakat dari berbagai daerah.

Di kelas pertama ini, Pak Yarmen lebih banyak membahas tentang motivasi menulis, supaya para pendengar tertarik dan berkomitmen untuk belajar menulis. Di akhir kelas, kita sempat membahas sebuah tulisan dari Yelli Sustarina yang berjudul “Sensasi Menaiki Sampan Dayung Saat ke Pulau Dua Aceh Selatan.”
Tulisan itu dibedah dan dicari kesalahan semantik, diksi, ejaan, dan sebagainya. Sehinga penulis merangkumnya ke sebuah tulisan yang berjudul “14 Kesalahan Mendasar dalam Penulisan Bahasa Indonesia.”
Setelah menanyakan kesepakatan dari para peserta yang hadir, disimpulkan bahwa kelas ini akan diadakan setiap hari Rabu sore. Kelas ini rutin dilakukan untuk menambah ilmu dalam penulisan Bahasa Indonesia.

Selain itu, tujuan dari forum ini nantinya akan melahirkan sebuah buku yang membahas tentang 23 anjungan kabupaten yang ada di Aceh. Mereka yang belajar di kelas ini akan dibimbing langsung oleh Yarmen Dinamika sampai buku tersebut diterbitkan.

Tak hanya itu saja, Kepala Kadisbudpar Aceh Drs. Reza Fahlevi M.Si mendukung secara langsung ide tersebut. Mengingat di tahun depan akan diadakan pelaksanaan PKA yang berlangsung di kompleks anjungan Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh.

Komentar